Aturan Tak Tertulis Yang Wajib Sobat Ketahui dalam Pergaulan



inicarague – Dalam menjalin hubungan sosial pastilah terdapat norma norma perilaku yang harus ditaati setiap orang. Ada banyak aturan sosial maupun agama yang tertulis dan dapat dilaksanakan sesuai norma yang berlaku. Selain aturan sosial ter tulis terdapat juga aturan sosial yang tak tertulis dalam menjalin hubungan sosial agar jalinan sesama individu tidak merugikan satu sama lain.  Berikut aturan sosial yang tak tertulis versi #inicarague.


1. Jangan menelfon lebih dari dua kali secara terus menerus.
Jika temanmu atau relasimu tidak mengangkat telfonmu, berarti mereka sedang fokus melakukan sesuatu yang lebih penting.

2. Jangan menatap secara langsung
Ketika ada seseorang yang tidak sengaja menjatuhkan sesuatu atau tidak bisa menggunakan sesuatu karna ketidaktahuannya, jangan menatap mereka. Begitu juga berlaku untuk orang yang bersin, batuk yang tak terkendali hal tersebut merupakan reaksi yang tak di sengaja atau tidak dapat di hindari.

3. Jangan menunggu disampingnya
Selalulah lewati menggunakan wastafel yang sedang digunakan orang lain, janganlah berdiri di sampingnya hal tersebut membuat gelisah orang yang sedang menggunakan wastafel tersebut.

4. Jangan pura pura lupa
Kembalikanlah uang yang kamu pinjam dari seseorang sebelum orang tersebut ingat telah meminjamkan kepada kamu, baik itu hanya 1 rupiah ataupun benda seperti payung, pulpen helm dan lain lain. Hal tersebut menunjukan integritas dan karakter kamu yang dapat dipercaya dan penuh tanggung jawab.

5. Aji mumpung
Ketika kamu ditraktir oleh seseorang jangan pernah memesan makanan mahal di dalam menu. Pesanlah sesuai yang meraka pesan atau mintalah untuk memesan sama seperti yang dia pesan.

6. Jangan ikut campur
Saat kamu bertemu seseorang janagan lah berkata “Oh Kamu Belum Menikah?” atau “Apakah kamu ga punya anak?” atau “kenapa kamu ga beli rumah?” itu semua bukan urusan kamu.

7. Selalulah berbuat baik
Selalu buka pintu untuk orang yang datang dibelakang kamu, kamu ga akan menjadi hina atau rendahan dengan memperlakukan seseorang dengan baik di area publik.

8. Gantian 
Saat naik taksi dengan seorang teman dan dia yang membayar ongkos taksinya, jadilah gentelman untuk membayar ongkos taksinya lain kali.

9. Hormatilah pendapat seseorang
Saat pandangan politik kamu berbeda dengan orang lain, hormatilah pendapat nya. Jangan pernah menjadikan beda pendapat menjadi perpecahan antara kita.

10. Jangan menyela pembicaraan
Tatkala sedang melakukan komunikasi secara langsung, janganlah menyela pembicaraan orang, tunggulah saat tepat untuk mulai berbicara.

11. Bercandalah secara wajar
Saat kamu menggoda seseorang atau bercanda dengan harapan dapat mencairkan suasana, namun mereka sepertinya tidak menikmatinya, Hentikan dan jangan pernah lakukan lagi.

12. Ucapkan terimakasih
Saat seseorang telah membantu kamu dalam hal apapun jangan pelit untuk mengucapkan “Terima Kasih”

13. Sesuaikan stuasi
Pujilah seseorang di depan umum dan kritiklah secara pribadi.

14. Jaga kebersihan
Saat akan melakukan perjalanan panjang dengan menggunakan moda transportasi umum usahakanlah untuk mandi sebelum berangkat agar seseorang disampingmu merasa nyaman.

15. Cukup lihat 
Jika seseorang menunjukan sebuah foto pada ponselnya, janganlah geser ke kiri atau kekanan. Kamu tidak akan pernah tau apa selanjutnya.

16. Jangan kepo
Jika seseorang memberitaumu bahwa dia punya janji untuk bertemu dengan seorang dokter, jangan tanya untuk apa atau kepo yang berlebihan.

17. Perlakuan yang baik kepada siapa saja
Saat kamu bertemu dengan seseorang yang levelnya dibawah kamu, perlakukan mereka dengan rasa hormat karena kita semua sama.

18. Perhatikan
Saat seseorang berbicara langsung kepada kamu jangan menatap HP. Jika kamu melakukan hal tersebut sangatlah tidak sopan.

19. Pendengar yang baik
Saat seseorang menyampaikan sesuatu dengarkanlah dengan baik dan jangan pernah untuk memberi saran jika kamu tidak diminta.

20. Sesuaikan dengan siapa kamu bicara
Saat bersama dengan seseorang jangan pernah membicarakan suatu rencara yang tidak melibatkan orang tersebut.

21. Diam dan tunggu selesai
Saat seseorang sedang berbicara melalui telfon jangan pernah untuk mengajak bicara, tunggulah hingga selesai dan barulah mulai berbicara.

22. Jangan tanyakan hal sensitive
Jika suatu saat nanti kamu bertemu dengan teman lama jangan pernah tanyakan gaji dan umurnya.

23. Tolak dengan tegas
Jika seseorang menawarkanmu makan, kamu bisa dengan sopan mengatakan tidak. Tapi jangan lakukan ini setelah mencicipi makanannya, hal ini merupakan penghinaan bagi orang yang telah menawarkan makan kepadamu.

24. Jaga jarimu
Jangan melihat setiap postingan di media sosial sebagai peluang untuk berdebat, menghujat, menghina jika tidak sesuai dengan pandangan atau keyakinanmu.

Tetaplah Rendah hati
Via: Anton Yuliardi

inicaraguecom Caramu melakukan sesuatu bukanlah satu satunya cara. Hargailah cara pandang orang lain. Kamu mungkin benar tetapi mereka juga tidak salah.

Belum ada Komentar untuk "Aturan Tak Tertulis Yang Wajib Sobat Ketahui dalam Pergaulan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel