Cara Perpanjang SIM di Satlantas Wonogiri

inicarague – SIM (Surat Izin Mengemudi) merupakan suatu identitas kecakapan mengemudi kendaraan bermotor. Jika sobat mengemudikan kendaraan bermotor sepeti sepeda motor, mobil, bus / truk maka sobat diwajibkan memiliki SIM sesuai kendaraan yang sobat kemudikan. SIM memiliki masa berlaku yaitu 5 tahun, jika SIM sobat telah mencapai 5 tahun maka sobat diwajibkan untuk mengurus perpanjangan atau membuat baru jika masa berlaku SIM telah melewati jatuh tempo.


Lalu, bagaimana caranya untuk melakukan perpanjang atau buat baru SIM di kantor SATLANTAS ? Berikut mimin ulas dengan detail step by step hingga selesai versi inicarague. Oh iya sebelum lanjut, mimin berikan studi kasus saat mimin melakukan perpanjangan SIM di kabupaten Wonogiri ya,...

Pertama dan yang paling utama sebelum mengurus perpanjangan atau buat SIM sobat wajib mempersiapkan dana atau money atau uang, karena pengurusan SIM ada banyak biaya administrasi yang wajib sobat bayarkan seperti kasih duit parkir bayar photocopyan dll. Jangan lupa siapin juga KTP dan SIM lama sobat ya, setelah dana dan KTP/SIM siap selanjutya silahkan mendatangi kantor Satlantas dikota sobat.


Pertama, silahkan copy KTP dan SIM sobat masing-masing sebanyak 2 lembar, tidak usah bingung biasanya kang photocopy sekitar satlantas udah pada ngerti ko’ syarat apa saja yang harus disiapin untuk mengurus SIM, sobat tinggal bilang saja “buat perpanjang/buat baru SIM” pasti akan langsung di copykan sesuai persyaratan lengkap dengan map dan pulpen, lalu bayar deh Rp. 6000,- (tarif copyan depan satlantas wonogiri).


Selanjutnya silahkan sobat mengikuti ujian psikology atau tes kejiwaan terlebih dahulu. Untuk wilayah soloraya yang meliputi Wonogiri, Kalten, Boyolali, Sragen dan Karangayar test kejiwaan atau psikology memang telah dilaksanakan. Jadi jika sobat akan melakukan pembuatan atau perpanjangan SIM sobat harus ikut test kejiwaan sebelum lanjut ke tahap selanjutnya.


Adapun test kejiwaaan atau psikology bisa dibilang sangat mudah namun ada juga loh yang tidak lolos. Teknis test kejiwaan / psikology adalah menjawab 30 soal dan sobat tinggal jawab YA atau TIDAK atas pernyataan-pernyataan dalam soal tersebut, silahkan di baca dengan cermat soal soal tersebut dan jangan sampai tidak lolos, mudah ko’ .

Setelah uji test kejiwaan/psikologi selesai sobat silahkan menunggu untuk mengetahui hasil testnya apakah lolos atau tidak. Jika sobat lolos silahkan bayar biaya administrasi test kejiwaan/psikology sebesar Rp. 50.000,-(tarif test kejiawaan/psikology satlantas wonogiri).

Selanjutnya setelah lolos test kejiwaan/psikology silahkan melakukan test kesehatan (KIR Sehat) untuk mendapatkan surat sehat sebagai dokument persyaratan pembuatan atau Perpanjangan SIM. Teknis untuk mendapatkan surat sehat adalah timbang berat badan sobat lalu petugas akan menguji  test buta warna lalu petugas akan menginformasikan bahwa sobat lolos atau tidak. Setelah lolos sobat diwajibkan membayar administrasi sebesar RP. 35.000,- (tarif mendapatkan surat sehat satlantas wonogiri)


Setelah selesai sobat lanjutkan dengan menyerahkan dokument dan menunggu untuk mendapatkan Access masuk oleh petugas. Didalam ruangan silahkan untuk menyerahkan dokument kepada petugas pendaftaran, selanjutnya sobat akan dikenakan biaya admnistrasi pembuatan atau perpanjangan sesuai type SIM sobat. Untuk perpanjangan SIM C dikenakan biaya administrasi Rp. 75.000,- (tarif perpanjangan SIM C di satlantas wonogiri).


Setelah membayar silahkan menunggu untuk mendapatkan Form pengajuan pembuatan atau perpanjangan SIM, lalu isikan data pribadi sesuai intruksi form. Setelah selesai silahkan berikan kepada petugas untuk menginput data data sobat kedalam komputer satlantas. Setelah data data sobat selesai di input selanjutnya sobat akan mendapatkan nomor antrian untuk foto SIM lalu mengantrilah.

Setelah prosesi pemotretan selesai disinilah perbedaan antara yang membuat SIM baru dan perpanjang SIM. Bagi sobat yang buat SIM baru sobat harus mengikuti ujian simulasi dan praktek mengemudi secara real, jika semua ujian sobat lolos sobat baru bisa mendapatkan SIM, namun jika ujian praktek gagal sobat harus mengulang sampai lolos. Nah bagi sobat yang perpanjangan SIM sobat tidak memerlukan ujian lagi sobat bisa langsung mengantri di ruang tunggu setelah pemotretan untuk mengambil SIM baru sobat.


Berikut informasi ringkas pembuatan atau perpanjngan SIM di Satlantas Wonogiri:

Syarat :
+ fotocopy KTP (Pemohon SIM Baru)
+ fotocopy KTP & SIM lama (Perpanjang SIM)

Biaya :
+ fotocopy RP. 6000,- (KTP & SIM 2 Lembar, Map dan Pulpen)
+ test kejiawaan/psikology Rp. 50.000,-
+ test kesehatan Rp. 35.000,- (Permohonan Surat Sehat)
+ biaya perpanjangan SIM Rp. 75.000,- (SIM C)
+ parkir Rp. 2000,-

Total Biaya : RP. 168.000,- 

Demikianlah proses untuk permohonan dan perpanjangan SIM di satlantas wonogiri, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi sobat yang akan melakukan permohonan maupun perpanjangan SIM di wilayah wonogiri. Silahkan share informasi ini agar mereka tau apa yang sobat tau.

Salam,
Inicarague (dot) com

inicaraguecom Caramu melakukan sesuatu bukanlah satu satunya cara. Hargailah cara pandang orang lain. Kamu mungkin benar tetapi mereka juga tidak salah.

Belum ada Komentar untuk "Cara Perpanjang SIM di Satlantas Wonogiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel