Trik Menjaga Komputer Kamu agar Awet dan Tidak Rusak

 


inicarague
- Banyak kebiasaan atau trik menjaga komputer kamu agar bisa tetap dipakai untuk tahun-tahun kedepan tanpa kerusakan. Namun, tanpa kita sadari mungkin ada beberapa perlakuan yang justru merusak laptop. Hal ini harus segera dihindari karena jika tidak, laptop akan rusak. 

Personal Computer atau PC memegang peran sentral dalam menjalankan dan membantu aktivitas sehari-hari di era sekarang. Jika sebuah PC rusak, maka akan membutuhkan waktu yang lama untuk memperbaikinya. Jika sudah demikian, aktivitas kita juga akan terganggu.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika merawat PC dengan baik. Hal ini juga agar tidak menghambat aktivitas kamu yang pastinya akan sering sekali menggunakan Personal Komputer. Namun, belum banyak yang tahu cara agar komputernya dapat bertahan lama. 

Karena secara tidak sadar ada beberapa kebiasaan kita yang justru membuat kondisi kesehatan komputer berkurang. Jadi, alangkah baiknya jika kita mengetahui cara-cara untuk membuat komputer tidak semakin rusak. 

Tips dan Trik Menjaga Komputer agar Tidak Cepat Rusak 


Meskipun sangat diperlukan, tetapi informasi mengenai cara yang tepat dalam menjaga komputer masih sangat sulit ditemukan. Bahkan, ada beberapa yang tidak akurat dalam memberikan penjelasan. Untuk itu, cara kami menjaga komputer antara lain: 
  1. Jangan Otak-Atik Data Drive C 
    Pada komputer, seluruh data sistem yang ada akan tersimpan pada file Drive C. Jadi, storage dibagi menjadi dua tipe penyimpanan, yaitu drive C dan D. Untuk kumpulan data program dan pembangun sistem komputer itu semua ada pada drive C. 

    Semua program tersebut sangat berguna untuk kinerja PC. Jika sembarangan mendelete atau memindah-mindahkan file yang ada didalam sana, maka besar kemungkinan akan mengakibatkan kerusakan pada sistem dan error pada komputer. 

  2. Jangan Shut Down tanpa Menutup Semua Aplikasi 
    Trik menjaga komputer selanjutnya ada pada bagian mengakhiri kerja komputer atau shut down. Shut down berguna untuk mematikan semua aplikasi yang bekerja pada latar belakang dan mengistirahatkan laptop hingga akhirnya dihidupkan kembali. 

    Langkah yang baik untuk melakukan shut down adalah dengan menutup semua aplikasi yang masih bekerja. Jika tidak, file, aplikasi hingga storage akan menjadi corrupt. Apalagi ketika muncul peringatan dan kamu memilih pilihan force shut down. 

  3. Bersihkan PC 
    Kebiasaan simpel yang justru dapat merusak sebuah komputer adalah karena tidak memperhatikannya. Tidak memperhatikan disini memiliki arti seperti tidak membersihkannya. Jadi, alangkah baiknya jika sering membersihkan perangkat ini. 

    Dalam membersihkan PC, salah satu yang harus diperhatikan adalah kipasnya. Ini karena ada kipas masuk dan kipas keluar sehingga pastinya akan membuat debu menempel. Debu tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada internal komputer.

  4. Jangan Mengguncang Komputer 
    Tanpa kita sadari, mengguncang komputer bisa berakibat fatal. Selain komponen yang mungkin tidak terpasang dengan ketat akan terguncang hingga mengakibatkan patah atau jatuh, komputer bisa jadi juga akan corrupt. 

    Storage memiliki gejala untuk corrupt jika terguncang. Tentunya ini akan sangat fatal mengingat sistem komputer dan filenya tersimpan disana. Untuk itu, sebaiknya komputer diletakkan pada permukaan solid dan tidak mengguncangnya lagi. 

  5. Jaga Suhu Komputer 
    Suhu komputer sangat berhubungan dengan trik menjaga komputer agar selalu awet. Komputer yang panas akan mengakibatkan pengiriman panas kesemua komponen lain. Dengan demikian, ini akan membuat komputer menjadi overheat hingga error. 

  6. Menggunakan Windows Original 
    Biasanya untuk membuat sebuah komputer bisa bekerja, kamu membutuhkan software. Yang paling umum digunakan adalah software dari Windows. Namun, harganya cukup mahal sehingga tidak jarang ditemukan produk yang tidak asli. 

    Padahal nyatanya, menggunakan produk yang tidak berlisensi akan membuat kinerja komputer terhambat. Belum lagi virus yang nantinya bisa membuat komputer menjadi sepenuhnya rusak. Jadi, sebaiknya menggunakan windows original. 

Pernahkah kamu kepikiran untuk menjaga komputer agar bisa bertahan hingga 5, 10 hingga 100 tahun kedepan? Jika iya, berarti kamu sangat menghargai komputer kamu. Jadi, trik menjaga komputer agar selalu bisa diandalkan menjadi yang kamu butuhkan.
inicaraguecom Caramu melakukan sesuatu bukanlah satu satunya cara. Hargailah cara pandang orang lain. Kamu mungkin benar tetapi mereka juga tidak salah.

Belum ada Komentar untuk "Trik Menjaga Komputer Kamu agar Awet dan Tidak Rusak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel