Komponen Penting Ngerakit PC yang Cocok untuk Pemula

 


inicarague
- Saat ini, komponen penting ngerakit PC banyak dicari terutama di toko-toko yang menjual perangkat PC. Ngerakit PC seakan telah menjadi salah satu yang disenangi karena bisa sekaligus belajar tentang part yang ada didalam komputer yang sangat berguna saat ini. 

Istilah “Mending Rakit PC” sudah tidak asing lagi terdengar saat ini. Ketika sebuah pabrikan mengeluarkan suatu produk tentang komputer seperti laptop atau set up komputer, banyak komentar yang berkaitan tentang merakit PC sendiri karena dinilai akan lebih murah dan seru. 

Bahkan, terkadang jika ada suatu produsen mengeluarkan sebuah barang dengan harga yang tinggi, pastinya tanggapan orang yang melihatnya juga menuju kepada merakit PC. Hal ini membuktikan bahwa minat masyarakat terhadap komputer juga sangat tinggi dan antusias. 

Apa Saja Komponen Penting Ngerakit PC untuk Pemula? 


Namun, tidak semua orang yang berkomentar mengetahui semua part PC yang dibutuhkan. Informasi mengenai hal ini juga sulit ditemukan. Jadi, beberapa komponen penting untuk merakit PC yang cocok untuk pemula dan tidak aneh-aneh antara lain: 

  1. Casing 
    Casing pada dasarnya merupakan komponen atau perangkat yang bertujuan untuk menyimpan semua part-part lain untuk merakit PC. Biasanya casing ini berbentuk balok besar yang dilengkapi dengan kabel penghubung agar semua bisa rapi. 

    Casing juga banyak dilengkapi dengan kipas agar jika suhu terlalu panas, suhu bisa segera diturunkan dan komputer dapat berjalan optimal. Dengan adanya casing ini, praktis semua komponen penting ngerakit PC dapat disimpan dalam keadaan teratur. 

  2. CPU + Cooler 
    CPU merupakan singkatan dari Central Processing Unit atau singkatnya dikenal dengan istilah prosesor. Pada PC, processor merupakan komponen yang sangat penting karena menentukan performa sekaligus kecepatan yang dimiliki komputer. 

    Biasanya CPU selalu dipadukan dengan cooler. Bukan cooler atau kipas yang dimiliki oleh casing, namun kipas khusus prosesor karena suhu pada perangkat tersebut juga bisa terlalu tinggi jika digunakan terus menerus. 

  3. Motherboard 
    Komponen Penting Ngerakit PC selanjutnya adalah motherboard atau papan induk. Sesuai dengan namanya, induk berarti yang menjadi awal semuanya. Secara jelas, motherboard memiliki peranan untuk memegang komunikasi antar semua perangkat. 

    Catatan selanjutnya adalah bahwa CPU dan Motherboard harus satu generasi dan cocok antar satu sama lain. Jika berbeda, salah satu dari perangkat tersebut tidak bisa dibaca. Dan ingat, motherboard memegang sekitar 90% dalam jalannya komputer. 

  4. Storage 
    Dimana tempat kamu menyimpan data kamu? Jawabannya adalah pada storage. Jadi, semua data sistem dan data internal kamu akan disimpan dalam sebuah sistem yang disebut dengan storage. 

    Storage sendiri ada dua tipe, yaitu SSD dan HDD. Namun, di era sekarang komputer akan bekerja secara lebih optimal dengan storage tipe SSD. Tetapi kekurangannya adalah harganya yang lebih mahal. 

  5. Memory RAM 
    RAM merupakan komponen penting ngerakit PC selanjutnya yang bertugas untuk keperluan multitasking. Jadi, semakin tinggi atau besar RAM yang dipilih, maka multitasking akan lebih mudah. Tetapi RAM tidak menentukan kecepatan sebuat PC. 

    RAM biasanya diklasifikasikan berdasarkan DDR-nya. Lihat spesifikasi DDR PC kamu untuk memilih RAM yang tepat. Jadi sebagai catatannya, kapasitas RAM bergantung kepada pemakaian masing-masing. 

  6. Power Supply 
    Untuk menyuplai listrik, komputer memerlukan sebuah perangkat khusus. Oleh karena itu, untuk merakit PC tidak boleh melupakan power supply. Power Supply yang baik memiliki rating 80 keatas dan original, serta terdapat tegangan listrik khusus. 

  7. VGA / GPU 
    Komponen penting ngerakit PC yang berguna untuk menampilkan gambar dari sistem PC ke monitor adalah GPU atau Graphic Card. Biasanya graphic card perlu dibeli lagi meskipun sudah ada bawaan dari PC. Ini bertujuan agar meningkatkan grafis. 

Komputer saat ini memiliki peran yang sentral dalam pekerjaan sehari-hari. Merakit komputer untuk kerjaan akan sangat mengasyikkan karena menjadi paham seluk beluk komputer. Oleh karena itu, banyak komponen penting ngerakit PC untuk melengkapi sistem komputer kamu.
inicaraguecom Caramu melakukan sesuatu bukanlah satu satunya cara. Hargailah cara pandang orang lain. Kamu mungkin benar tetapi mereka juga tidak salah.

Belum ada Komentar untuk "Komponen Penting Ngerakit PC yang Cocok untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel