GrabRentals - Solusi Buat Kalian Yang Masih Mau Nambah Penghasilan !

inicaraguecom - Halo temen temen, kalian pasti sudah tidak asing kan dengan aplikasi transportasi online seperti Grab, Gojeg, Maxim dan InDriver. Kalian tau ga sih para driver-driver transportasi online itu memiliki background masing masing loh, ada yang fulltime ada yang juga yang part-time. 

Nah di artikel ini saya akan ceritain pengalaman saya menjadi pengemudi part-time transportasi online di GrabRentals di Jakarta. Jika kalian jalan jalan atau pas macet macetan pasti ada beberapa mobil yang terdapat stiker GrabCar Hemat seperti di bawah ini.


Nah biasanya mobil mobil yang terdapat stikernya seperti itu merupakan produk dari GrabRentals. Ada beberapa jenis kendaraan yang di Rentalkan untuk berburu rupiah di jalanan antara lain Avanza, Xenia, Calya dan Sigra rata - rata jenis mobil tersebut yang di rentalkan.

Nah begitulah mukodimah atau pendahuluannya ya temen temen, selanjutnya mari kita bahas bagaimana sih cara daftar GrabRentals, syaratnya apa saja trus bagaimana sistem rentalnya dan lain lain?. Mari kita bahas per point ya temen temen biar runtut dan temen temen bisa mudah memahami.

1. Proses Pendaftaran

Sebalum joint kalian harus daftar online terlebih dahulu di https://register.grab.com/id/ dengan menyiapkan beberapa persyaratan, antara lain :
- SIM A Aktive
- KTP 
- Domisili di Jabodetabek

Sesuai dengan pengalaman saya, cukup siapkan ketiga syarat tersebut kalian bisa joint di GrabRentals. Setelah semua lengkap selanjutnya silahkan daftar di wesite tersebut, dan ikuti perintah pengisiannya. Sangat mudah ko pengisiannya kalian cukup login pake akun Gmail sesuai dengan Gmail HP dan nomor hp kalian, jangan beda beda ya, nnti ada beberapa kerepotan jika beda.

2. Panggian Registrasi Oflline

Setelah semua alur pendaftaran sudah kalian selesaikan dari isi data hingga selfi, selanjutnya kalian tinggal menunggu undangan panggilan untuk proses registrasi secara ofline. Proses pemanggilan biasanya -+ 30harian ya, sepengalaman saya cukup 2 minggu dari proses daftar saya langsung ke panggil untuk proses registrasi offline.


Lokasi registrasi offline di kantor PT. Technologi Pengangkutan Indonesia yang berlokasi di Cinere (https://goo.gl/maps/hXZdgsvckhWA16S48)


Disini kalian akan diarahkan untuk proses pendaftaran akun Grab Driver (pastikan kalian ga ada riwayat suspend dari grab sebelumnya ya) pastikan juga kalian bawa dokument asli kalian seperti SIM A, KPT, KK, Buku Tabungan sesuai dengan instruksi pada undangan whatsapp ya, agar kalian ga bolak balik. 

Mau cerita sedikit tentang proses registrasi offline ya, jadi tu disana dulu ada calon mitra yang gagal karena usia diatas 60tahun, dan masih ngeyel buat mau joint, ada juga SIM A / KTP nya sudah buram karna nanti yang baca system Grab jadi harus jelas, ada juga yang terlalu introvert ga aktive bertanya jadi ga tau prosesnya gimana, jadilah aktive bertanya kepada staff atau temen temen calon mitra untuk menambah pertemanan.  


Proses registrasi ini seharian ya, mulai jam 09-00 hingga jam 17.00 ini pengalaman saya kemarin, ada yang sampe malam itu karena terlalu introvert, ada juga yang ngulang 2 hari baru beres karna syarat ga lengkap. Alhamdulillah saya cukup sehari selesai karena kooperatif dan persyaratan lengkap hehe. 

Oh iya disini juga akan ada interview singkat oleh tim Grab via telfon, kalian akan ditanyain Nama, Usia, Domisili, Penghasilan, Saat ini kerja atau tidak, udah gitu saja. Bagi kalian yang mau buat dipake sambilan bilang aja freelance dan butuh uang tambahan, saya sih gitu kemarin hehehe
  
3. Cek dan Bawa Unit Kendaraan Pulang
  
Okey setelah semua selesai, dan akun telah aktive kalian akan dipanggil untuk proses registrasi pengambilan unit. Disini kalian akan didata dahulu untuk sim ktp dan kk akan diperiksa, setelah selesai kalian akan diarahkan untuk menemui staff yang bertugas memberikan konci unit beserta plat kendaraan yang akan kalian gunakan.  

Nah kalian akan diberikan form pengecekan unit kendaraan sebelum kalian bawa, jadi pastikan kalian cek secara seksama, seperti ada lecet atau tidak, akinya gimana, kondisi ban dan ban serep, AC, kondisi mesin pastikan semua sudah sesuai, jika ada yang ga sesuai silahkan centang atau isi form sesuai kondisi yang kalian temukan.

Setelah semua selesai kalian periksa dan sudah dengan detail kalian cek, selanjutnya balik lagi ke ruangan untuk mengembalikan form dan menunggu untuk diberikan STNK dan unit bisa langsung kalian bawa pulang untuk narik.  

4. Training 

Setelah seharian kalian registrasi offline dan membawa pulang unit pastinya kalian sangat cape dong, nah pokoknya pulang ambil unit ga usah kalian kopar apa langsung jalan jalan mentang mentang punya mobil hehe, segera pulang dan istirahat karna H+ 1 kalian harus training dari pagi jam 09:00 tepat sampai jam 17:00. 

Lokasi trainingnya ada di cilandak Cibis Park (Gedung Grab Excelent Center) Google Maps: https://maps.app.goo.gl/m32pfb2C3APLoJgt5?g_st=iw kalian wajib datang tepat waktu atau kalian ga bisa ikut training hari itu/mengulang hari berikutnya, sayang banget kan. 


Nah proses training ini apa saja yang dibahas, saya spil singkatnya ya karna materi ga boleh di foto/share:
  • Cara menggunakan Aplikasi GrabDriver (verifikasi wajah, cara isi credit, melihat tagihan dll)
  • Ketentuan sewa kendaraan (wajib kumpulin -20Trip dan 40 jam online untuk mendapatkan harga sewa murah 140k/hari unit avanza/Xenia, ga target kalian bayar sewa normal 300k/hari)
  • Ketentuan cekpoin (service berkala, service berat, ganti part dan lokasi bengkel rekanan)
  • Ketentuan kerusakan (mitra wajib menjaga unit dengan baik, jika terjadi apa apa akan di bebankan ke mitra driver)
  • Ketentuan area coverage (unit di lengkapi GPS jadi ada peringatan jika kalian keluar area coverage tanpa membawa penumpang/aplikasi offline)
  • Ketentuan pelanggaran (peringatan, suspend hingga kepolisian)
  • Selama 1 bulan penuh kalian akan di monitoring oleh Korlap, Korwil dan dimasukkan dalam 1 grup WhatsApp (jika ada problem di jalan kalian akan dibantu untuk penyelesaiaannya)   
  • Terakhir ada kuis yang harus kalian kerjakan, maka perhatikan dengan jelas materi yang disampaikan, jika nilai kalian kurang dari 80 maka kalian harus isi ulang kuis nya sampe minimal 80.
Seinget saya cuman itu intinya temen temen hehe, proses training seharian juga temen temen dari jam 09.00 sampe jam 17.00. Berhubung lokasi trainingnya ada tarif parkir maka pihak grab juga memberikan konpensasi 30k yang langsung dimasukan di dompet kredit. Saya masuk kepagian temen temen jam 07.30 udah dilokasi berakhirlah saya bayar parkir 40k hehe, gpp lah penting ada pemasukan tambahan yang bisa saya jalankan. Semangaaat !!! 

5. GAS POLL !
Ketentuan pemotongan sewa harian kendaraa dilakukan H+2 setelah Training, jadi setelah training kalian masih free dan akan di potong lusa, kalian harus manfaatin nih buat ngumpulin pundi undi rupiah. 

Disini ada beberapa tips buat temen temen agar bisa maksimal narik:
  • Ambil semua orderan yang masuk : Ingat kalian ada target yang harus di capai yaitu 20trip dan 40 jam online.
  • Masuk wilayah perkalian tinggi : Diaplikasi Grabdriver biasanya ada tanda warna merah, nah masuklah ke site tersebut, disitu banyak orderan namun armada kurang.
  • Kurangin ngetem lama : Kalian wajib kurangin ngetem lama lama di satu titik, jadi sekiranya sudah ngetem aga lama dan belum dapat orderan pindahlah ke lokasi lain, teteplah mobile agar mendapatkan orderan.
  • Berikan layanan terbaik : Uang tips akan kalian dapetin ketika kalian memberikan layanan terbaik kepada penumpang.
  • Pelajari aplikasi maps : Sebagai pekerja yang main di jalan kalian wajib banget ga buta maps ya, saat mendapat orderan menepi dulu untuk liat posisi nya, lalu saat mau mengantar juga pelajari arahnya kemana.  
  • Perhatikan peraturan Ganjil Genap : Berhubung kalian driver mobil, maka kalian harus mengetahui lokasi lokasi ganjil genap, namun biasanya aplikasi Grab sudah mengarahkan mpas nya untuk tidak melewati area tersebut. 
Nah sekian dari saya tentang pengalaman join bersama GrabRental - Sahabat Rental Grab bagi kalian mau mau joint ga perlu khawatir, mudah ko dan bisa buat kalian nambah penghasilan ataupun sebagai ngisi waktu luang sebelum kalian keterima kerja tetap. 
inicaraguecom Caramu melakukan sesuatu bukanlah satu satunya cara. Hargailah cara pandang orang lain. Kamu mungkin benar tetapi mereka juga tidak salah.

Belum ada Komentar untuk "GrabRentals - Solusi Buat Kalian Yang Masih Mau Nambah Penghasilan !"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel