6 Mesin Pembuat Karung Plastik


inicarague – demi mendukung produksi pembuatan karung plastik, selain bahan baku polypropilene mesin produksi merupakan sarana wajib yang harus sobat punya. Dengan menghadirkan berbagai mesin pengolahan biji plastik menjadi barang jadi karung, mesin produksi memiliki peran yang sangat penting. Ada beberapa mesin pengolahan yang harus sobat punya guna mendukung produksi pabrik karung sobat, berikut informasi mesin mesin apa saja yag harus sobat punya versi inicarague:

1. Mesin Extruder

Mesin ini berfungsi untuk mengobah biji plastik menjadi benang pipih yang menjadi bahan dasar rajutan untuk karung plastik. Adapun teknis dasar pengolahan biji plastik polypropilene untuk membuat benang pintalan yaitu dengan mencampurkan beberapa komposisi bahan seperti, biji plastik murni dicampur dengan kalsium, recycle dan beberapa campuran lain sesuai dengan spesifikasi permintaan.

 


Dalam mesin ini sobat dapat melakukan pengaturan setiap saat akan mengolah biji plastik polypropilene. Sobat dapat memastkan lagi jenis benang yang seperti apa yang akan di kerjakan, sebagai contoh sobat mendapat orderan karung dengan benang dinier 700 maka sobat harus melakukan pengaturan mesinnya agar menghasilkan benang sesuai spesifikasi

2. Mesin Loom

Setelah pengolahan dimesin extruder selanjutnya masuk ke mesin loom. Dimesin ini benang pipih bahan dasar karung akan dirajut sedemikian rupa sesuai sepesifikasi permintaan. Teknis dasar dalam pemintalan adalah lakukan pengaturan terlebih dahulu pada mesin agar hasil sesuai spesifikasi permintaan karung. Lakukan pengaturan pada lebar karung, panjang potong, mesh (anyaman) serta dinier (ketebalan).

 


Setelah semua pengaturan telah selesai tahap selanjutnya pasang bobbin (gulungan benang) dan mesin siap dilakukan oprasional. Saat mesin telah beroprasi selalulah monitor keadaan mesin Loom agar tidak terjadi kehabisan benang maupun hal hal yang tidak di inginkan, monitor kecepatan agar dapat menghasilkan gulungan karung yang baik dan bisa sesuai dengan target waktu produksi.  

 3. Mesin Cutting sewing



Setelah proses produksi di mesin loom selesai bisa langsung dilakukan pemotongan sesuai spesifikasi dan dilakukan penjahitan. Ada dua tipe penjahitan hasil produksi karung, yaitu karung tanpa jahit mulut dan karung jahit mulut. Jika spesifikasi tanpa jahit mulut roll karung bisa dijahit sekali saja bagian bawah, namun untuk jahit mulut harus dilakukan dua kali penjahitan yaitu bagian bawah dan bagian atas.  

4. Mesin Printing



Ada beberapa customer biasanya minta sekalian untuk dibuatkan label atau desain printing sesuai dengan merek dagangnya. Nah inilah fungsi mesin printing, dengan memiliki mesin printing sobat dapat mengerjakan semua pesanan karung polos maupun berlabel merek. Ada dua teknis saat melakukan printing pada karung yaitu roll to roll dan pcs to pcs, teknis ini dapat sobat pilih sesuai dengan spesifikasi karung yang akan di kerjakan. 

 5. Mesin Laminasi

Mesin laminasi merupakan mesin pendukung yang sangat penting karena untuk memproses terpal PE atau terpal yang tahan air (antibocor) membutuhkan mesin laminasi. Ada beberapa customer juga membutuhkan karung yang kedap air atau tidak memiliki rongga,biasanya karung seperti ini di butuhkan oleh industri penepungan, dengan menggunakan karung laminasi maka isian tidak akan mudah terkontaminasi dari luar.

 


Adapun fungsi utama mesin ini adalah melapisi karung dengan plastik agar tidak ada rongga di sela sela rajutan. Teknisnya roll terpal atau karung yang selesai dikerjakan oleh mesin loom selanjutnya di tata di mesin laminasi lalu lakukan proses laminasi sesuai dengan ketebalan laminasi yang di inginkan.  

 5. Mesin Hotseal

Hotseal merupakan mesin yang berfungsi untuk menyambung terpal PE menjadi ukurang yang di inginkan oleh customer. Biasanya mesin loom terpal hanya memiliki lebar 2 meter, so jika customer membutuhkan ukurang terpal lebih dari lebar 2 meter maka harus dilakukan penyambungan dan masih tetap kuat dan kedap air.


Namun untuk saat ini sepertinya sudah banyak mesin pembuat terpal yang bisa membuat lebar lebih dari 2 meter dan tanpa sambungan. Beberapa merek terkenal seperti Terpal Diamond, Sakura Liong dll mimin amati bisa membuat lebar lebih dari 2 meter tanpa sambungan, keren ya !?

6. Mesin Multi

Mesin ini berfungsi untuk membuat benang jahit karung. Bahan dasar benang multifilament masih sama dengan bahan dasar pembuatan karung yaitu polypropilene, jadi mesin ini sobat bisa juga miliki, namun jika memang belum bisa invest untuk membeli mesin multi sobat bisa membeli benang multifilament ke pabrik karung lainnya yang punya mesin multi.


Demikianlah beberapa mesin dasar yang harus sobat punya jika akan mendirikan pabrik pembuatan karung plastik. Untuk harganya sobat bisa searcing sendiri di internet karena mesin mesin tersebut memiliki merek dan harga yang bervariasi. Silahkan share artikel ini agar memberikan manfaat bagi banyak orang.

Salam,

Inicarague (dot) com 


inicaraguecom Caramu melakukan sesuatu bukanlah satu satunya cara. Hargailah cara pandang orang lain. Kamu mungkin benar tetapi mereka juga tidak salah.

Belum ada Komentar untuk "6 Mesin Pembuat Karung Plastik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel